Tips Sukses Magang Untuk Mahasiswa Akhir

276
views

Di semester akhir kuliah, biasanya para mahasiswa menjalani magang. Hal ini, merupakan kesempatan yang baik bagi mereka untuk terjun langsung ke dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Sebenarnya, magang pada semester akhir kuliah menjadi kewajiban dan salah satu syarat kelulusan. Karena dengan magang, para mahasiswa akan menerima banyak pengalaman yang sangat berharga. Dari magang ini, Kamu juga akan berkesempatan untuk mempraktikkan ilmu dan keahlian yang telah dipelajari selama masa kuliah. Nah, agar masa magang Kamu menyenangkan dan dapat memberi hasil yang maksimal. Simaklah beberapa tips magang untuk mahasiswa tingkat semester akhir berikut ini

1. Disiplin dan Menjaga Etika Selama Masa Magang

Meskipun Kamu seorang anak magang, namun bukan berarti Kamu bisa bersikap seenaknya dan tidak mematuhi aturan perusahaan. Karena, disiplin dan menjaga etika selama masa magang itu penting. Bahkan, Kamu harus lebih disipilin dari karyawan tetap lainnya. Jika Kamu melupakan disiplin yang mendasar, justru hal ini dapat membuat reputasi Kamu di tempat magang menjadi buruk. Misalnya, Kamu datang terlambat dan tidak menyelesaikan tugas dengan baik. Dari sini, bisa saja perusahaan enggan dan tidak akan melirik Kamu dikemudian hari

2. Jalin Komunikasi dengan Baik Selama Magang

Jika Kamu sudah bisa menerapkan sikap disipilin dan menjaga etika selama masa magang. Selanjutnya, mulailah menjalin komunikasi yang baik selama masa magang. Hal ini dikarenakan, hubungan yang baik dengan para pekerja lain akan sangat membantu Kamu untuk bisa lebih bertanya-tanya mengenai tugas atau ketika Kamu berada dalam kesulitan. Ketika Kamu sudah merasa nyaman dengan kondisi lingkungan kerja perusahaan, maka Kamu bisa bekerja dengan lebih baik dan lebih maksimal.

3. Selesaikan Kewajiban Kamu dengan Tepat Waktu

Selanjutnya, Kamu harus bisa menyelesaikan kewajiban dengan tepat waktu. Artinya, jangan menunda-nunda pekerjaan. Bahkan, meskipun supervisor sedang tidak mengawasi Kamu. Dalam hal ini, Kamu harus tetap disiplin dan menyelesaikan tugas dengan baik. Sehingga, semua tanggung jawab Kamu dapat selesai dengan maksimal.

4. Tetap Berhubungan Baik, Meskipun Masa Magang Selesai

Jika selama masa magang Kamu selalu bersikap baik, maka setelah berakhirnya pun Kamu harus tetap berhubungan baik dengan para supervisor, staf dan lainnya. Hal ini, akan membuat Kamu tetap terhubung dengan mereka. Bahkan, bisa kembali bekerja sebagai karyawan tetap jika sewaktu-waktu ada kesempatan untuk Kamu bekerja.

Meskipun Kamu hanya menjalani magang, tapi Kamu harus tetap menganggap ini sebagai pekerjaan yang serius dan wajib dilakukan dengan sebaik mungkin. Persiapkan diri sejak awal, agar masa magang Kamu dapat berjalan dengan baik dan dapat memberi hasil yang maksimal. Semoga info ini bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman kamu yang lagi di masa semester akhir ya.

 

“Print Hemat Murah Nggak Ribet”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here