Tips Seimbangkan Waktu Kuliah dan Bergaul

432
views

Sebagai mahasiswa, kalian pasti sangat sibuk. Baru masuk kuliah, sudah disibukkan dengan ospek dan mencoba-coba masuk berbagai unit kegiatan mahasiswa (UKM). Yang paling utama, tentu saja kesibukan dengan tugas, kuliah, dan belajar. Lalu bagaimana cara membagi waktu agar semua kesibukan bisa dijalani dengan seimbang? Bagaimana cara mengatur jadwal dan memenuhi tanggung jawab di tahun pertama kalian sebagai mahasiswa?

Yuk, intip tips berikut ini agar kalian tahu bagaimana menyeimbangkan kuliah dan belajar, dengan kehidupan sosial kalian.

Prioritaskan kuliah

Kalian akan memiliki banyak dan banyak kesempatan untuk berkumpul dan melakukan hal-hal menyenangkan sepanjang tahun pertama. Tapi sebelum kalian membuat keputusan, coba pikirkan bagaimana hal itu akan mempengaruhi studi kalian. Pastikan bahwa semua tugas selesai pada waktu yang tepat dan tetapkan jam malam yang ketat untuk diri sendiri. Sebagai mahasiswa, tentu kalian sudah cukup dewasa untuk berkomitmen dengan jadwal yang kalian buat sendiri.

Bertemanlah dengan orang-orang yang memprioritaskan kuliah

Memang sulit untuk menentukan dengan pasti siapa yang akan mencetak prestasi akademik di perguruan tinggi, dan mana yang nilainya akan jeblok, terutama saat kalian masih berstatus mahasiswa baru. Tapi seharusnya nggak butuh waktu lama bagi kalian untuk menyadari siapa yang fokus untuk mendapatkan gelar mereka. Jika kalian bergaul dengan teman yang lebih tertarik nongkrong daripada belajar, maka ada kemungkinan mereka akan membawa kalian turun ke level mereka, suka atau tidak.

Tetapkan waktu belajar

Perguruan tinggi berbeda dengan SMA karena kalian nggak akan berada di kelas sepanjang hari, setiap hari. Ini berarti kalian akan memiliki banyak waktu luang, mungkin kalian sampai bingung apa yang harus dilakukan saat sedang senggang.

Kalau kalian ingin tetap berprestasi, kalian perlu meluangkan waktu untuk pelajaran di luar ruang kuliah. Jadi, perhatikan jadwal dan tentukan kapan kalian bisa mendedikasikan waktu untuk meninjau atau menyelesaikan tugas. Sesuaikan itu seperlunya, tapi pastikan kalian tidak mencari alasan untuk tidak belajar.

Rencanakan ‘waktu bergaul’

Terkadang, kalian tergoda untuk meninggalkan semua kewajiban untuk pergi keluar dan bersenang-senang. Hal itu benar-benar dapat diterima dalam dosis terbatas. Namun sebagai gambaran besarnya, kalian harus merencanakan ke depan. Hal ini pada dasarnya berkaitan dengan segala hal dalam jadwal kalian: kelas, tenggat waktu untuk tugas, kerja freelance (jika ada), tanggung jawab keluarga, dan sebagainya. Jika kalian mencoba membuat rencana ‘waktu bergaul dan bersenang-senang’ sebelumnya, akan lebih mudah menyelesaikan kewajiban-kewajiban yang lain.

Bagaimana kalian menyeimbangkan pekerjaan dan waktu luang di perguruan tinggi? Atau jika kalian belum kuliah, apakah kalian khawatir tentang menyesuaikan waktu untuk kesenangan dan kewajiban? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya.

 

“Print Hemat Murah Nggak Ribet”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here